Larangan Merokok Skotlandia Kurangi Serangan Asma Anak – Republika – Jumat, 17 September 2010


REPUBLIKA.CO.ID,BOSTON–Larangan merokok di tempat umum Skotlandia pada 2006 mengurangi angka asma akut pada anak sebesar 18 persen per tahun, menurut sejumlah peneliti, Rabu. Sebelum larangan diberlakukan pada Maret 2006, angka pendaftaran rumah sakit untuk penyakit asma meningkat lima persen per tahun pada anak dibawah 15 tahun. Manfaat dari larangan tersebut terlihat pada anak-anak usia pra-sekolah dan sekolah.

Pengeritik mengatakan bahwa larangan tersebut akan memaksa orang tidak merokok di tempat kerja atau ruang publik tertutup, menyebabkan perokok merokok di rumah hingga meningkatkan resiko pada anak-anak. Dr. Jill Pell dari Universitas Glasgow, yang bekerja dalam penelitian baru tersebut, mengatakan bahwa penemuan di Jurnal Medis New England membuktikan hal yang sebaliknya.

“Penelitian kami di Skotlandia membuktikan pengaruh yang berlawanan. Orang umumnya lebih mendukung melindungi para non-perokok serta kelompok-kelompok yang rentan seperti anak-anak,” kata Pell dalam wawancara melalui telepon. “Anak-anak lebih sedikit menjadi perokok pasif. Kami melakukan penelitian ini, berharap dapat melihat manfaat kesehatan dari fenomena tersebut,” tambahnya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa larangan merokok Skotlandia juga menurunkan masalah pernapasan diantara pekerja dalam bar, bahkan diantara mereka yang sebenarnya seorang perokok. Tim peneliti Pell memperoleh kesimpulan berdasarkan data nasional perawatan rumah sakit untuk penyakit asma dan kematian akibat asma pada anak dari Januari 2000 hingga Oktober 2009. Hanya lima anak yang meninggal karena asma selama periode tersebut.

Angka pendaftaran menurun pada awal penelitian tetapi mulai meningkat pada 2002. Puncak tercatat pada 2006, beberapa bulan setelah larangan, sebelum kemudian menurun dengan drastis. Data tersebut tidak memperkenankan Pell dan para rekannya secara langsung menentukan penurunan perawatan rumah sakit disebabkan oleh berkurangnya terkena asap rokok di rumah atau di ruang public, atau menyebabkan anak sekolah mengurangi kecenderungan merokok.

Di Amerika Serikat, orang tua yang merokok dianggap penyebab lebih dari 200.000 anak terkena serangan asma per tahun, katanya. Lebih dari setengah negara bagian di AS melarang rokok di kebanyakan tempat umum. Dua per tiga larangan berlaku di tempat kerja.

– Yahoo News –

Pos ini dipublikasikan di Health. Tandai permalink.

3 Balasan ke Larangan Merokok Skotlandia Kurangi Serangan Asma Anak – Republika – Jumat, 17 September 2010

  1. Soegianto berkata:

    ci Ruth/hong lan, kalau da buat blog pake wordpress itu sudah mudah sekali cukup tambah plugin yang bisa masuk ke facebook atau twitter.

    disebelah kiri wp-admin bisa dilihat ada Plugin, klik add new, kemudian search plugin untuk facebook dan twitter, langsung pilih autoinstalled beres deh :)kalau masih kesulitan juga silakan email ke soegianto@crossprojectministry.com

    • ruth712 berkata:

      udah ketemu, mungkin kemarin di kantor waktu aku buka, masih yang lama, karena aku buka lagi di netbookku, passwordnya ganti ya?? dan udah ada settingannya, udah aku connect, tapi kok ga liat apa2 ya di facebook ataupun di blogku, sebagai hasil dari conectednya??

    • soegi, ym yang kamu kasih, kontak person untuk bangka belitung ke hapus, bisa kasih lagi? YM kamu kayaknya ke delete juga..šŸ˜¦ sekalian yaaa…tx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s