Bertumbuh Semakin Dewasa bahan PAK kelas 10 bab 2


Kompetensi Dasar:

Mengetahui sarana bagi pertumbuhan rohaninya dan menjalani proses pertumbuhan tersebut.

Indikator:

Siswa mampu menyebutkan alasan mengapa perlu bertumbuh

Siswa mampu menyebutkan indikator rohani yang bertumbuh

Siswa mampu menilai pertumbuhan rohaninya sendiri

Siswa mampu menyebutkan sarana pertumbuhan rohani

Siswa menjalankan program bagi pertumbuhan rohaninya.

Referensi Alkitab:

Kol 1:10, 2:6-8; Yoh 15:1-8, Ef 4:11-15, 1 Pet 2:2

Pengantar

Pelajaran ini mengantar siswa untuk memahami bahwa tidak cukup bagi mereka hanya menerima Kristus sebagai Juruselamat, tetapi mereka perlu bertumbuh secara rohani, seperti halnya mereka perlu bertumbuh dalam bidang-bidang kehidupan mereka yang lainnya (fisik, emosi, sosial, mental).

Banyak orang yang menjadi Kristen bertahun-tahun tanpa memahami arti menjadi Kristen dan kehidupannya secara rohani tidak mengalami kemajuan yang berarti, sehingga tidak heran jika suatu hari bisa beralih kepercayaan yang lain, karena memang ia tidak bertumbuh. Bertumbuh mengindikasikan kondisi yang sehat dan tidak mati.

Uraian materi pelajaran

  1. 1. Mengapa harus bertumbuh?

Paulus mengatakan seseorang yang baru menerima Kristus diibaratkan sebagai seorang bayi (secara rohani). Maka menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat itu bukan akhir dari perjalanan rohani seseorang, tetapi hanyalah awal dari perjalanan rohaninya bersama dengan Tuhan.

Semua orang tua mengharapkan bahwa bayi yang baru lahir tersebut akan bertumbuh menjadi lebih besar, lebih tinggi, lebih pandai dan pada akhirnya menjadi seorang yang semakin mandiri dan dewasa. Pertumbuhan menunjukkan dia berada dalam kondisi yang normal dan sehat. Pertumbuhan juga mengarahkan dia pada kedewasaan. Demikian juga secara rohani setiap orang yang telah percaya dan menerima Kristus Yesus perlu bertumbuh. Paulus dalam Kol 2:6-8 mengingatkan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh setiap orang yang telah menerima Kristus Yesus, yaitu: tetap di dalam Dia., berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan, dan mempunyai hati yang melimpah dengan syukur. Jelaslah dari ayat yang pendek ini Paulus menyiratkan perlunya seseorang bertumbuh secara rohani baik dari segi pengajaran maupun iman dan perbuatan sebagai buahnya. Bila seseorang itu bertumbuh maka dia akan semakin bertambah teguh dalam iman dan semakin dewasa dalam pola pikir dan perbuatannya.

Paulus terus mendorong jemaat untuk mau bertumbuh, karena sebagai seorang bayi secara rohani, begitu lemah dan amat bergantung kepada orang lain, tidak banyak mengetahui kebenaran, sementara itu banyak ajaran sesat di sekeliling mereka. Jika mereka tidak mau belajar untuk bertumbuh, mereka akan sangat mudah diombang-ambingkan oleh berbagai angin pengajaran yang menyesatkan (Ef 4: 13-15)

Kol 1:9-10, 2:6-8, Yoh 15:1-8

  1. 2. Tanda-tanda seseorang yang bertumbuh secara rohani

Lihat – Manual Pengembangan Diri oleh Julia Suleeman Chandra (2004)

DEWASA (A) TIDAK DEWASA (B)
1)      Menerima nilai moral yang berlaku secara universal untuk kebaikan semua: jujur, tanggung jawab, kebenaran, keadilan, komitmen, kepedulian, kesetiaan, kesabaran, toleransi, kerja sama, integritas, menghormati hak orang lain, pengorbanan untuk sesuatu yang luhur/mulia 1)      Mengabaikan nilai moral demi kepentingan diri sendiri
2)      Berbuat baik kepada orang lain 2) Tidak berbuat baik pada orang lain
3)      Takut akan Tuhan 3) Lebih takut kepada manusia atau hal gaib dari pada kepada Tuhan
4)      Memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan 4) Tidak memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan, berhubungan dengan Tuhan melalui perantara
5)      Menggunakan hidupnya untuk memuliakan Tuhan 5) menggunakan hidupnya untuk kesenangan diri sendiri atau menuruti petunjuk orang lain
6)      Bersyukur untuk apa yang dimiliki 6) Tidak puas dengan apa yang dimiliki, selalu ingin lebih banyak harta, kuasa, dan yang lainnya
7)      Tahan menderita secara wajar 7) Tidak mau menderita (mengikuti prinsip hedonisme), atau menikmati penderitaan (masochis)
  1. 3. Sarana Pertumbuhan Rohani

Temukan sarana-sarana yang disediakan dan yang kamu perlukan untuk pertumbuhan rohanimu melalui ayat-ayat berikut ini.

Yoh 15,  _______________________________________

Ef 4:11-15, _____________________________________

1 Pet 2:2, _______________________________________

Ibr 10:24-25 ____________________________________

  1. 4. Menjadikan Nyata

Siswa mengisi lembar evaluasi untuk menilai dan mengetahui sejauh mana dirinya telah bertumbuh dan membuat perencanaan (dalam lembar perencanaan) langkah praktis yang akan diambil untuk membuatnya semakin bertumbuh

Mengisi lembar evaluasi:

Perhatikan kembali tanda-tanda kedewasaan rohani yang tercantum di sub no 2. Berikan penilaian pada kolom berikut ini yang menggambarkan dirimu sesuai dengan uraian pada masing-masing kolom di atas. Rentang nilai dari 10 (dewasa) sampai 0 (tidak dewasa) dan berikan penjelasannya.

Dewasa (10)                                                                                             Tidak dewasa (0)

1)      _____________________________________________________________________

2)      _____________________________________________________________________

3)      _____________________________________________________________________

4)      _____________________________________________________________________

5)      _____________________________________________________________________

6)      _____________________________________________________________________

7)      _____________________________________________________________________

Lembar perencanaan

Perhatikan kembali no. 3 Sarana-sarana pertumbuhan

Agar kamu bisa terus bertumbuh, kamu  perlu memanfaatkan sarana-sarana pertumbuhan yang telah Allah sediakan. Bagaimana kamu akan menggunakannya dalam kehidupanmu? Tuliskan pada lembar berikut ini. Pikirkan juga sanksi apa yang kamu perlukan untuk mendisiplin dirimu sendiri jika kamu tidak melakukannya? Tuliskan dibagian belakang pada tiap perencanaanmu.

Perencanaanku Sanksi disiplin
Pos ini dipublikasikan di Bahan PAK tingkat SMU. Tandai permalink.

2 Balasan ke Bertumbuh Semakin Dewasa bahan PAK kelas 10 bab 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s