LIKE A TREE PLANTED BY THE WATER – Mazmur 1


Pengantar

Jika kita mempunyai halaman rumah yang cukup luas, tentunya sebuah pohon yang rindang akan menjadi bagian yang menambah kenyamanan rumah hunian kita, apalagi kalau pohon tersebut juga menghasilkan buah. Pohon apakah yang ingin anda tanam di rumah anda? Bagaimana jika pohon tersebut setelah ditanam bertahun-tahun tetapi tetap tidak menghasilkan buah? Tentunya agar sebuah pohon bisa bertumbuh menjadi pohon yang rindang dan berbuah, bukanlah suatu langkah instant, tetapi membutuhkan suatu proses yang panjang.

Demikian juga halnya dengan kehidupan kerohanian kita. Sebagai seorang Kristen, sejak menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, Allah rindu melihat kita bertumbuh dan menghasilkan buah. Ia telah memberikan berbagai sarana dan prasarana untuk itu, tetapi kita sendiripun perlu berjuang untuk bertumbuh secara demikian. Bagaimana dengan perjuangan kita selama ini? Dan apakah hasilnya? Mari kita membandingkan dengan gambaran yang diberikan oleh Pemazmur dalam PA berikut ini….

Pertanyaaan penolong

  1. Kitab Mazmur dimulai dengan perkataan ‘berkat’. ‘Berkat’ adalah sesuatu yang diminati oleh setiap orang. Bagaimanakah kehidupan seseorang akan diberkati menurut ayat 1-2? Selama ini, ke arah manakah Anda lebih mencondongkan hati? Mengikuti nasihat manusia ataukah Firman Tuhan? Hal-hal apa yang membuat Anda hidup sedemikian?
  2. Perhatikan kata ‘kesukaannya’ dan ‘merenungkan siang dan malam’. Ini menunjukkan suatu konsistensi, di mana seseorang secara regular merenungkan firman Tuhan, dan itu dilakukan bukan karena sekedar rutinitas atau kewajiban tetapi karena ia suka. Sejauh manakah  hal ini mencerminkan diri Anda? Mengapa?
  3. Bandingkanlah hasil yang diperoleh antara orang yang ‘kesukaannya adalah Firman Tuhan dan merenungkan siang dan malam’ dengan yang tidak. (ayat 3-4). Kata ‘berbuah’ menunjukkan ‘hasil’ yang sesungguhnya, yang dikeluarkan dari dalam, bukan bersifat ornamental. Bagaimana Anda melihat kebenaran firman ini dalam kehidupan nyata sehari-hari? Bagaimana hal tersebut mempengaruhi minat dan kecintaan Anda terhadap Firman?
  4. Bagaimana posisi ke duanya di hadapan Allah? (ayat 5-6)
  5. Dampaknya bagi kehidupan di masa mendatang sudahlah jelas, tetapi apakah dampaknya bagi kehidupan masa kini? Perhatikan kata ‘Allah mengenal (ay. 6)

Bersyukurlah atas kesempatan yang Tuhan berikan bagi Anda, sehingga hari ini diingatkan bahwa Tuhan rindu memberkati Anda dan Ia rindu melihat Anda berbuah. Bersyukurlah jika Anda masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik di hari mendatang. Sharingkan hal yang ingin Anda ubah

Pos ini dipublikasikan di Bible Study. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s