Tempat-tempat yang menarik di Bali


Sangat banyak tempat-tempat yang dapat dikunjungi di Bali, satu bulan di Bali pun tidak cukup untuk mengeksplor Pulau Dewata nan cantik ini.

Saya bagi tempat-tempat ini berdasarkan searah jalannya sehingga dapat anda menyusun jadwal per hari

Sekitar Kuta

Pantai Kuta

Pantai yang sangat terkenal sampai ada lagunya oleh Andre Hehanusa dan Ebiet G Ade. Tidak lengkap rasanya bila anda datang ke Bali tetapi tidak berkunjung ke pantai ini. Kenapa saya sarankan untuk menjadikan Poppies Lane II sebagai “Base Camp” selain hanya 8 km dari airport, kawasan ini sangat dekat dengan Pantai Kuta sekitar 200 m (just 5 minute walk), jadi bila anda menginap di sini anda hanya bawah pakaian renang dan handuk dari hotel terus berenang ke pantai.

Bagi anda ingin berselancar atau baru mau belajar disinilah tempatnya. Bule-bule dari Eropa aja bela-belain dapang ke Pantai Kuta buat surfing.

Untuk anda yang sedang tunangan atau pacaran tempat ini adalah tempat yang sangat romantis untuk “mengikat janji” seiring dengan matahari yang perlahan-lahan terbenam… oh.. so romantic..!

Kadang walau kita berkunjung ketempat lain, jam 4 sore bela-belain cepat-cepat balik ke Kuta agar bisa melihat sunset.

Bali Water Boom

Water boom yang terbagus saya rasa di Indonesia, water boom di Ancol kalah tinggi, bersih, asri, dan aman. Disini ada tempat berenang, berjemur, perosotan (water sliding), atau menantang nyali di perosotan setinggi 30 m. Plus bisa melototi ABG bule dan lokal seksi pake bikini.. jarang-jarang khan.. ada di Jakarta. Tempat ini terletak di Jalan Kartika Plaza sekitar 2 km dari Legian 10 menit dari Poppies.

Legian

Sepanjang jalan ini dipenuhi oleh toko-toko yang menjual souvenir dan bertebaran cafe & restoran yang menyediakan suasana yang meriah di malam hari. Kurang lengkap kiranya bila anda tidak berphoto ria di Monumen Bom Bali I di Jalan ini.

Poppies Lane

Poppies Lane terbagi 2 jalan, Poppies Lane I & II, kedua jalan ini menghubungkan Jalan Pantai Kuta dan Legian yang satu arah. Di 2 jalan ini dapat ditemukan banyak sekali penginapan bungalow/losmen yang murah dan terjangkau untuk budget traveller. Juga toko-toko yang menjual baju dan souvenir khas Bali.

Kuta Square – Kartika Plaza

Kuta Square adalah pusat belanja barang-barang import seperti Quick Silver, Billabong, Okley, Surver Girl dll. Terus ke arah airport di kanan kiri Jalan Kartika Plaza terdapat banyak restorant dan hotel mewah yang terkenal adalah Kuta Centro dan Musro

Kearah Barat Laut

Seminyak

Just 3 km dari Legian ke arah barat laut. Bagi anda yang suka dugem di kawasan ini seiring dengan matahari tenggelam banyak sekali tempat dugem dan cafe yang menawarkan indahnya kehidupan malam.

Tanah Lot

Dari Legian-Seminyak-Kerobokan- terus ke arah utara. Tempat yang jadi icon Bali dimana ada Pura yang dibangun di atas batu karang di tengah laut. Dari Bahasa Bali Tanah Lot berarti Tanah yang menyembul dari air.

Taman Ayun

Pura Taman Ayun terletak di Mengwi Pura ini adalah kompleks istana bekas kerajaan Mengwi yang berusia ratusan tahun.

Ke arah Barat Daya & Selatan

Pantai Jimbaran

Dari Kuta ambil Jalan Raya Tuban ke arah Bandara, pertigaan bandara belok kiri kemudian ketemu pertigaan Jalan Alteri Ngurah Ray, ambil kanan terus sampai ketemu pertigaan pertama belok kanan ke Jalan Uluwatu. Pantai ini sebenarnya terusan Pantai Kuta ke arah selatan hanya dipisahkan oleh Bandara Ngurah Ray. Pantai ini less crowded ketimbang Pantai Kuta, dan anda dapat menghabiskan sore hari disini sambil melihat sunset dan pesawat yang perlahan-lahan landing di Airport Ngurah Ray. Untuk ada yang doyan seafood dapat ditemui disini diberapa restorant di sepanjang pantai ini. Yang sangat terkenal adalah Ayam/Ikan Bakar Jimbaran. Di salah satu restorant ini dimana Bom Bali II terjadi.

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park

Dari Jimbaran anda telusuri terus Jalan Uluwatu kira 10 km dari Jimbaran akan bertemu suatu kompleks biasanya digunakan untuk konser dimana dibangun patung wisnu dan garuda. Untuk masuk ke kompleks ini dikenai biaya masuk sebesar 10 rb per orang dan 5 rb untuk mobil. Luas kompleks ini lebih dari 200 ha terletak di atas bukit dimana kita dapat melihat pantai Jimbaran, Kuta, dan Tanjung Benoa dari atas bukit. Juga batu-batu cadas yang dipotong menjadi dinding-dinding megah yang pasti bagus untuk dijadikan background photo.

Pantai Dreamland

Sekitar 3 km dari GWK anda terus ke arah selatan. Pantai Dreamland atau New Kuta Beach terletak di kawasan Pecatu Indah Resort yang tengah dalam pembangunan. Dari Jalan Raya Uluwatu anda terus masuk ke kawasan sekitar 4 km akan sampai ke Pantai Dreamland. Kendaran dapat diparkir di tempat parkiran sekitar 200 m dari pantai dan anda meneruskan dengan jalan kaki menuruni tebing yang cukup curam. Mungkin dalam 1 tahun mendatang akan dibuat jalan akses langsung ke pantai. Di pantai ini terdapat bungalow sederhana dan sebuah pantai yang lebih eksotik dan tersembunyi dengan pasir putih dan ombak yang bagus untuk surfing. Biasanya bule-bule pada lebih berani disini dengan berbikini lebih terbuka. Jadi bagi yang baru saja akhir baligh dapat menghabiskan hari disini.

Ulu Watu

Sebuah pura di ujung selatan Bali yang dibangun di atas batu karang yang menghadap Samudera Indonesia. Banyak monyet-monyet jinak yang “berdomisi” di pura ini. Hati-hati kacamata, topi, kerudung yang biasanya menjadi “incaran’ si monyet nakal. Anehnya si monyet akan mengembalikan barang-barang anda ini setelah anda memberikan semacam “tebusan” ke juru kunci pura sejumlah uang (Rp 1000-5000) kemudian si juru kunci memberikan tebusan sebuah pisang yang sudah dimanterai, memang manteranya manjur atau ada konsfirasi antara si monyet dan si empuh, dengan suka rela si monyet akan mengembalikan barang anda.

Ke arah Tenggara

Nusa Dua

Kawasan hotel-hotel mewah tidak banyak dapat kita lakukan disini kecuali anda menginap di hotel. Biasanya setiap hotel mempunyai private beach sendiri.

Tanjung Benoa (Water Sport)

Tidak jauh dari Nusa Dua, anda dapat mencoba nyali untuk ber-water sport seperti Parasailing, banana boats, Jetsky, snorkling, dan diving.
Agar jangan di getok saya ada referensi tarif sewa dari permainan di atas:

Parasailing : Rp 75.000 10 menit/orang/ride (untuk beberapa orang/rombongan anda dapat meminta diskon)

Jet Sky : Rp 150 ribu (30 menit/ride)

Banana Boat : Rp 100 ribu (15 menit/ride/orang)

Snorkling : Rp 75 ribu /orang/2 jam di Tanjung Benoa

Flying Fish : Rp 120 ribu /15 menit/3 orang

Diving Rp 300.000 /orang/ 2 jam (tarif dapat lebih tinggi bergantung dengan lokasi yaitu di Tanjung Benoa atau di Nusa lembongan satu pulau di dekat Nusa penida)

Pantai Sanur

Bila anda ingin menyaksikan sunrise ini adalah tempat yang tepat. Kalau Pantai Kuta menghadap ke barat, Pantai Sanur menghadap ke Timur. Banyak hotel dan bungalow mewah disini, kebanyakan turis adalah orang tua yang bernostalgia, kayaknya tidak cocok buat anak muda.

Ke arah Timur Laut

Celuk

Pusat kerajinan Perak dan Emas, biasanya sebelum ke Ubud, wisatawan mampir dulu ke Celuk

Sukowati

Searah ke Ubud, pusat kerajinan Bali. Bila anda yang ingin membeli souvenir dalam jumlah besar untuk dijual kembali dapat membeli di tempat ini.

Ubud

Sekitar 60 km ke arah utara Kuta dimana ada dapat menemukan ketenangan dan nuasa pedesaan Bali yang sebenarnya. Ada dapat mengujungi Museum Antonio Blanco di sini dan banyak lagi seniman lain.

Tampak Siring & Tirta Empul

Ke arah utara Ubud, Istana Presiden peninggalan Bung Karno Tampak Siring walau kita tidak bisa masuk ke dalamnya kecuali anda adalah tamu Negara. Di sebelah Istana ini ada Pura Tirta Empul dimana ada beberapa pancuran air yang dipercayai mempunyai khasiat menyembuhkan. Percaya nggak percaya, waktu saya membasuh muka di salah satu pancuran kemudian saya mimisan, saya terkejut mungkin sudah 10 tahun saya tidak mimisan, lalu salah satu juri kunci disana mengatakan bahwa ada penyakit atau semacam teluh yang telah dikeluarkan dari tubuh saya..???? Sebagai seorang muslim bila saya mempercayai hal ini dapat berpotensi sebagai perbuatan musyrik. Tapi Wallahualam, semuanya itu kehendakan Allah SWT.

Kintamani, Gunung Batur, Danau Batur, dan Truyan

Dari Tampak Siring terus menuju ke Utara ke arah Singaraja anda akan melewati Kintamani sebuah dataran tinggi dengan pemandangan yang indah Gunung Batur yang masih aktif di sebelah kiri dan Danau Batur di sebelah kanan. Jika anda seorang yang penuh energi dan jiwa petualang dapat tracking mendaki ke Gunung Batur menyaksikan kawah gunung berapa yang masih aktif. Anda dapat turun ke bawah untuk melihat aliran lahar yang telah mendingin dari letusan gunung berapi ini sekitar 50 tahun yang lalu, kemudian anda dapat merasakan dinginnya air Danau Batur. Bila anda cukup waktu dapat menyeberangi danau ini ke suatu tempat yang bernama Truyan. Desa ini seperti di Toraja dimana mayat orang meninggal tidak dikubur melainkan hanya di letakan di atas tanah. Saya belum pernah ke sana namun dilain kesempatan pasti menjadi agenda saya pertama untuk berkunjung ke Truyan.

Ke arah Barat laut

Sangeh

Sama dengan Ulu watu, sini juga banyak saudara tua alias monyet yang jinak. Disarankan untuk datang ke Sangeh pagi hari karena lumayan banyak turis, kalau sore agak “seram” karena hutan nya udah mulai gelap dan gk enak jadi tontonan para monyet

Bedugul

Danau Beratan & Pura Ulun Danu

Jangan sampai tidak berfoto di depan Pura Ulun Danu dan Danau Bratan, karena pura dan danau ini terlukis di uang Rupiah pecahan 50 ribu. Anda dapat berperahu dan parasailing di danau ini.

Kebun Raya Bedugul

Sebuah kebun raya meski tidak seluas kebun raya Bogor, namun anda dapat menghabiskan waktu dan menghirup udara segar disini. Anda juga dapat mencoba petualangan “out bound” di sini.

Singaraja-Pantai Lovina

Terletak di pesisir utara Pulau Bali. Anda bisa mengunjungi Istana peninggalan Kerajaan Buleleng dan melihat lumba-lumba di Pantai Lovina.

Itenerary
Berikut beberapa jalur yang dibagi berdasarkan kedekatan dan arah yang sama, sehingga liburan teman-teman dapat diatur sepadat mungkin. Namun ini tidak mengikat dapat ditambah dan dikurangi

Hari-1
Kuta-Celuk (Kerajinan perak)-Sukowati-Ubud-Istana Tampak Siring-Pura Tirta Empul-Kintamani-Danau Batur-Gunung-Batur-Truyan (bila sempat)-Kuta

Hari-2
Kuta-Nusa Dua-Tj Benoa (water sport)-Nusa Lembongan (sea walker)-Jimbaran (sunset+dinner)-Kuta

Hari-3
Kuta-Sanur (go early 5 am to see sunset)-Jimbaran-GWK-Dream land-Uluwatu-Kuta (sunset)

Hari-4
Kuta-Taman Ayun (Mengwi)- Sangeh-Bedugul (pura ulun danu & Kebun Raya Bedugul)-Tanah Lot (sunset)-Kuta

Hari-5
Kuta-Kerthagosa (Klungkung)-Pura Besakih (Gunung Agung)-Tulamben (diving)-Kuta

Hari-6
Kuta-Pantai Kuta-Seminyak-Bungee Jumping-Waterboom (Kartika Plaza)-Shoping Toko Erlangga (Denpasar), shoping di Kuta Square-oleh2 Joger, santai di Poppies & Monumen Bom Bali

Hari-7

Kuta-Tabanan-Bedugul-Singaraja (Peninggalan Pusat Kerajaan Buleleng)-Pantai Lovina-Tanah Lot (Sunset)-Kuta

Oleh-oleh

Suvenir dapat dibeli di Poppies Lane I dan II, Legian, banyak sekali barang yang dijual sebagai suvenir semisal kain, baju oblong, ukir-ukiran, tas, dll. Namun bila anda ingin membeli dalam jumlah besar untuk di jual lagi anda dapat pergi ke Sukawati ke arah Barat laut Kuta. Untuk kerajinan emas & perak dapat ditemukan di Celuk searah ke Sukowati-Ubud.
Baju Joger, dapat dibeli di Pabrik Kata-Kata Joger di Jalan Raya Tuban tanpa nomor (Kuta Bali), tlp 753059 hotline 752523 +/- 3.499,99 meter sebelah utara International Airport Ngurah Rai (Klu gak percaya ukur sendiri)

Tulisan ini dipublikasikan di vacancy in Bali. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s